7 Alasan Kenapa Anak Harus Ikut Bersih-Bersih Rumah

Pekerjaan rumah tangga sebaiknya diajarkan pada anak sejak dini. Sebab ada banyak alasan kenapa anak harus ikut bersih-bersih rumah. Apa saja?

  • Karena mereka bisa!

Meskipun anak masih kecil, Anda perlu meminta mereka membantu pekerjaan rumah. Contohnya membersihkan debu di ruangan tertentu. Beri tugas sederhana dan percayalah anak bisa melakukannya.

  • Orang tua bukan pembantu

Tidak selamanya Anda tetap melakukan pekerjaan rumah tangga. Orang tua bukan pembantu. Jadi selain orang tua, anak juga harus bisa melakukan pekerjaan rumah tangga, mulai dari bersih-bersih rumah sampai cuci baju.

  • Mengajarkan kerja sama

Manusia hidup dengan cara saling tolong-menolong. Demikian juga dengan tugas membersihkan rumah. Maka dari itu anak harus diajarkan sejak dini untuk mengajarkan kerja sama pada mereka.

  • Membagi beban

Keluarga bukan cuma diisi dengan kesenangan. Ada pula kesusahan di dalamnya yang harus dibagi. Contohnya beban melakukan pekerjaan rumah yang bisa dilakukan bersama-sama antara orang tua dan anak.

  • Tidak bisa selesai sendiri

Biarkan anak belajar bahwa pekerjaan rumah tidak bisa selesai dengan sendirinya seperti sihir. Dengan demikian mereka akan berusaha untuk melakukan pekerjaan rumah tersebut.

  • Kontribusi

Alasan berikutnya kenapa anak harus ikut bersih-bersih rumah adalah karena tugas tersebut termasuk kontribusi pada keluarga. Dengan pekerjaan rumah, akhirnya semua anggota keluarga memiliki kontribusi yang sama rata.

  • Latihan

Jika anak diajarkan melakukan pekerjaan rumah sejak dini, mereka akan terbiasa meneruskannya hingga dewasa. Saat hidup sendiri, anak pasti tidak akan merasa kesusahan untuk membiasakan dirinya melakukan pekerjaan rumah tangga.

Sumber : m.merdeka.com

Comments are closed.